Test Footer

Home » » Oppo F1s Selfie Expert Bukan Sekedar Sebuah Jargon

Oppo F1s Selfie Expert Bukan Sekedar Sebuah Jargon




Oppo F1s Selfie Expert Bukan Sekedar Sebuah Jargon-Pada tanggal 24 bulan Januari 2017 lalu, mas Aryo Meidianto Aji, Media Engagement OPPO Indonesia, bersama dua partnernya, Fatimah Kartini Bohang, KompasTekno Journalist dan Kristian Tjahjono, Managing Editor Yangcanggih.com, telah datang dikota malang untuk yang ke tiga kalinya, beliau telah mengadakan acara dengan tajuk “Selfie Tour 2017” di Monopoli Garden House Resto & Cafe, Jl. Soekarno Hatta No. 28, Mojolangu,lowokwaru, Malang.

Sebenarnya acara tersebut dimulai pukul 09.oo - 18.00 wib. Tapi ternyata diundur jam 11.00 siang demi memudahkan peserta juga apalagi yang rumahnya jauh seperti saya pastinya akan kerepotan banget kalau dimulai jam 09.00. Saat itu saya berangkat agak siang dan kondisi cuaca sangat memungkinkan sekali tapi alhamdulilah tidak sampai terlambat. Sebelum acara dimulai semua peserta dipersilahkan untuk makan terlebih dahulu dengan berbagai macam menu makanan yang sudah disiapkan, dan beberapa minuman hangat seperti teh, susu, suko (susu kopi) dan capucino. Hingga akhirnya semua peserta siap mengikuti acara tersebut.

Jadi, Kedatangan beliau dikota malang bertujuan untuk memperkenalkan perangkat terbaru dari Oppo, namun juga memberikan workshop dan experience bagaimana memanfaatkan kamera smartphone, baik untuk kebutuhan foto maupun video. Dalam acara yang bertajuk Selfie Tour itu telah di hadiri oleh beberapa blogger dan vlogger khususnya kami blogger malang raya Malang Citizen, semua peserta sangat antusias dalam mengikuti rangkaian acara tersebut. Tak tanggung-tanggung semua peserta berani mengunggah dan mengekspose karya terbaiknya berupa foto, video dan artikel di media-media sosial mereka seperti facebook, twitter, instagram dan blogspot. Serta mengunggah segala informasi menarik mengenai acara tersebut dengan hastag #OPPOSelfieTour2017 dan #TourDeMalang.

Perlu anda ketahui bahwa di zaman yang modern ini, di era digital yang semakin marak dikalangan masyarakat luas pasti anda sudah tidak asing lagi dong dengan yang namanya smartphone, tapi smartphone yang saya maksud disini adalah Oppo camera phone yang bisa membuat moment anda lebih berarti dengan kualitas kamera yang sangat mumpuni, yang mampu membuat selfie anda perfeck. Karna buat saya kenangan seperfeck apapun akan terlupakan bila tidak tertangkap sempurna, Oppo F1s selalu sempurnakan beautiful natural selfie mu sehingga semua kenangan menjadi perfeck.

Profil Mas Aryo Meidianto Aji

 So,,,
Apa sih Oppo Selfie Tour itu?
OPPO merupakan salah satu produsen smartphone premium yang pada tahun lalu mengeluarkan lini seri Selfie Expert. Selfie expert itu adalah lebih dari sekedar sebuah jargon, ketika banyak produsen lain yang membuat perangkat selfie, apa yang mereka katakan itu adalah marketing gimick tapi apa yang oppo katakan adalah bukan marketing gimick. Oke...mari kita bahas mengenai lini serie selfie expert, tahun 2016 pada awal tahun oppo telah melakukan sebuah tranformasi dalam hal tagline, di tahun 2015 ada tagline oppo smartphone kemudian di 2016 jadi oppo camera phone.

Jadi dalam merubah tagline itu sebenarnya momentumnya ada pada saat memunculkan oppo f1 pada tanggal 03 februari 2016, disaat itu juga dikenalkan lini serie yang namanya selfie expert. Jadi selfie expert itu sebenarnya sebuah rangkaian lini serie dimana ada beberapa produk yang ada didalamnya. Kemudian dalam diri lini serie selfie expert ini adalah perangkat kedua yang di perkenalkan, 21 april 2016 telah diperkenalkan yang namanya oppo f1 plus. Jadi kalau bisa di terangkan secara singkat oppo f1 itu kamera depannya 8 mega piksel, kemudian oppo f1 plus berubah menjadi 16 mega piksel. Nah, apa yang terbaru? Yang terbaru kemarin di tanggal 03 agustus 2016 telah di perkenalkan oppo f1s, oppo f1s ini tentunya adalah lini serie selfie expert yang menjadi penutup tahun. Dan di lini serie oppo f1s ini banyak sekali variannya seperti di akhir desember kemarin keluarlah yang namanya Raisa phone.

Raisa phone itu adalah oppo f1s edisi spesial, limited black edition dan dibelakangnya ada tanda tangan Raisa sama tulisan oppo Raisa phone, yang memadukan bahan aluminium alloy berkilau dan pewarnaan hitam pekat, menghasilkan cover logam berwarna hitam klasik. Full black, full metal, baik cover maupun sisi layar, keseluruhan desain berwarna hitam, dengan bezel silver berkilau mengelilingi setiap sudut, membentuk body ponsel yang solid, klasik dan elegan. Oppo Raisa phone ini sangatlah eksklusif, ketika itu dijual Cuma 6000 unit, dan di 6000 unit itu di target dalam satu minggu barang ini harus habis terjual, tapi realitanya dalam kurun waktu tiga hari saja perangkat ini sudah habis dibeli konsumen.

 
sumber pic: http://www.oppo.com/id/index.html

Oppo F1s Selfie Expert terbaru

F1s itu memiliki keunggulan di kamera depan, kamera depannya 16 mega piksel, tapi yang oppo jual bukanlah mega piksel besarnya mega piksel akan berpengaruh ketika kita melakukan pencetakan. Tapi yang oppo jual adalah bagaimana menciptakan kamera yang bisa menghasilkan hasil lebih natural, hasil lebih baik. Caranya bagaimana? Yaitu gimana caranya kita memperhitungkan antara algoritma sofwer yang akan bekerja sama dengan perangkat kerasnya.

Oppo F1s ini memiliki sensor yang besar 3,1 inchi, pasti anda bertanya sensor sebesar itu untuk apa sih? Kalau anda pernah dengar yang namanya fotografi, fotografi itu bermain dengan cahaya dengan sensor yang semakin besar maka cahaya yang masuk akan semakin banyak, dan ketika cahaya yang masuk semakin banyak berarti foto yang dihasilkan akan semakin terang. Sensor ini juga berhubungan dengan diafragma yang besar, diafragma untuk kamera depan adalah f 2,0.
So...
Apa sih keunggulan kamera depannya oppo f1s? Selain secara hardware atau teknis. Dan gimana caranya perangkat keras ini dapat bekerja dengan baik, dengan adanya bantuan perangkat lunak. Pada oppo f1s ini ada fitur yang namanya beauty fi 4.0, yang bisa mempercantik hasil foto yang mayoritas disukai oleh koum hawa. sehingga menjadikan hasil selfie anda semakin tambah seru. Angka 4.0 ini benar-benar angka pengembangan. Naah, beauty fi itu ada 7 mode pilihan yang menjadikan gambar lebih natural.

ini dia hasil foto kamera belakang oppo f1s 13 mega piksel.

 Kemudian ada yang namanya series yoter, kalau sebelumnya teknologi vioter itu membutuhkan aplikasi tambahan, itu akan menyita banyak ruang penyimpanan dan juga menyita banyak ram ketika harus ada 2 atau 3 aplikasi.

Setelah itu oppo f1s juga memiliki fitur scren flash, scren flash ini menjadikan selfie ditempat yang kurang cahaya, itu tidak menjadi masalah. Banyak produsen lain yang memecahkan ketika selfie ditempat gelap menggunakan LED flash atau dengan flash biasa. Tapi LED flash biasanya menimbulkan RED EYE atau matanya akan merah. Dan penggunaan flash yang tidak konstan nyala itu biasanya membuat mata kita merem saat foto karna silau. Tapi dengan scren flash ini akan membantu menggunakan cahaya latar perangkat oppo f1s untuk menerangi wajah. scren Flash itu diperkenalkan mei 2015 jadi sudah lumayan lama.

Banyak sekali pembuktian untuk hal ini, oppo pernah bekerja sama dengan masyarakat fotografi indonesia, yang ketika itu perusahaan oppo menugaskan beberapa jurnalis dari sumatra, sulawesi, jawa, dan bali. Yaitu mereka semua biberi tugas untuk melakukan selfie. Dan teman-teman fotografer yang biasanya menggunakan kamera profesional juga diberi tantangan untuk menggunakan kamera smartphone, jadi mereka harus mengambil foto tapi menggunakan smartphone.

“ jadi selfie menggunakan oppo f1s di tempat yang kurang cahaya, itu hasilnya akan tetap bagus dan natural, jadi anda tidak perlu khawatir dengan kondisi tempat dan cuaca karna hasilnya akan tetap maksimal”
 
hasil kamera belakang oppo f1s 13 mega piksel

Lalu bagaimana dengan kamera belakang? Pasti banyak orang yang meragukan dengan hasil kamera belakang dari oppo f1s, karna dari tadi yang dibahas adalah kamera depan, di kamera belakang oppo f1s terdapat fitur yang namanya profesional mouth yang kegunaannya untuk mengatur ISO dsb. Hasil kamera belakang dari oppo f1s juga tidak kalah bagus kok dengan kamera depannya. Mungkin anda yang suka nonton konser atau apalah yang berhubungan dengan panggung, pasti disitu cahayanya sangat kurang sekali, ketika cahayanya sangat kurang sekali, ponsel yang digunakan pasti akan lari-lari untuk mencari fokus. Tapi dengan oppo f1s fokusinnya cukup bagus karna konsen fokusnya tidak lari kemana-mana.

Begitu juga ketika disiang hari saat kita hendak melakukan aktifitas potret memotret, biasanya kan fokusnya itu pindah-pindah ketika ada cahaya yang kurang, dan fokusnya akan menghadap pada cahaya yang lebih terang. Tapi yang dilakukan oleh oppo f1s dengan kamera belakang, sangatlah baik, karna tetap bisa menjaga fokusnya untuk tetap pada tempatnya dan tidak akan berubah-ubah. Oppo camera phone bukan hanya bagus di foto tapi juga bagus di video, jadi dengan kualitas kamera ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan kita melakukan aktifitas foto maupun vlog video.

mb tini dari kompas.com saat memaparkan 3 kunci yang harus dimiliki oleh vlogger untuk menghasilkan video yang bagus

Memanfaatkan smartphone oppo f1s untuk vlog video

Kemudian dilanjutkan pemateri kedua yaitu Fatimah Kartini Bohang, KompasTekno Journalist. kenapa saya disini membahas smartphone, karna saya yakin semuanya pasti sudah punya smartphone. Jadi smartphone ini adalah salah satu perangkat teknologi yang berkembang pesat banget. Banyak sekali vendor-vendor yang meluncurkan handphone dengan kamera yang tinggi spesifikasinya seperti oppo f1s dengan kamera depan 16 mega piksel dan kamera belakang 13 mega piksel. Dan di era digital sekarang ini yang namanya smartphone kan gak Cuma buat telfone, sms, chatting dan browsing doang kan? Tapi juga bisa kita gunakan untuk berkarya, bikin konten dan bahkan tidak menutup kemungkinan untuk mencari duit.

Naah, selama di tahun 2016 ranah smartphone ini semakin tinggi, terutama dengan bermunculannya para vlogger, jadi bermunculannya para vlogger itu mengikuti berkembangnya smartphone itu sendiri. Dulu di tahun 2008, 2009 smartphone itu kebanyakan digunakan untuk ngetweet. Kemudian ditahun 2011 waktu instagram lagi tren-trennya, ada yang namanya selebgram. Jadi disitu isinya adalah orang-orang yang membuat konten foto kemudian ditaruh di aplikasi instagram dan banyak yang ngelike. Dan mengenai vlogger, akhir-akhir tahun ini banyak orang yang terkenal di youtube dengan membuat konten video sehingga mendapatkan respon yang banyak dari masyarakat pengguna sosial media.

Maka dari itu dalam acara yang bertajuk “selfie tour 2017” mb tini ingin membagikan tipsnya, bagaimana sih caranya bikin vlog yang baik? Dan proses kreatifnya seperti apa? Menurut mb tini secara garis besar itu ada 3 kunci untuk bikin video yang bagus, tentunya untuk semua macam video. Meskipun hanya berbekal smartphone. Karena saat ini kualitas smartphone sudah mampu menandingi kamera profesional, seperti produk oppo camera phone.
Berikut ulasannya:

Mas Aryo Meidianto Aji Dan
Kristian Tjahjono bersama pemenang oppo f1s


Pree Production

Pre production ini adalah tahap awal ketika kita bikin vlog. Disini kita harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti: vlog ini mau kita jadikan apa? Dan arahnya kemana? Apakah kita mau bikin vlog travelling, kuliner, teknologi, musik, komedi atau cerita kita sehari-hari dll. Karena mungkin merasa hari-hari kita sangat membosankan sehingga membuat vlog tentang cerita sehari-hari. Setelah itu gimana caranya supaya kita bisa mengeluarkan ide tersebut menjadi suatu karya yang baik.

Dan di tahap awal ini masih ada 2 aspek yaitu:

Flow Cart: flof cart itu adalah susunan kegiatan dimana vlog itu dari awal sampai akhir. Simpelnya flow cart itu adalah susunan rangkaian kegiatan yang berurutan dan sistematis.

Story Board: story board ini semacam gambaran kayak angle-angle yang kita ambil seperti apa. Dan yang paling penting adalah tools, kalau kita pake smartphone ya harus bawa power bank pastinya, karna memang kalau ngevlog itu harus banyak konsumsi yang dibawa. Selain power bank yang harus dibawa adalah selfie stick karna nanti bisa digunakan untuk selfie dimana pun berada.

hasil kamera belakang oppo f1s 13 mega piksel

Production

Di tahap production ini kita selesai dengan segala konsep yang sudah direncanakan. Kemudian tinggal eksekusi. Dan dieksekusinya ini salah satu hal yang paling penting adalah:

Just Be Your Self: Setiap diri manusia pastinya kan punya pembawaan, karakter yang kayak gimana gitu, mungkin lucu, humoris dsb. Pokoknya jangan sampai jadi orang lain deh. Jadilah dirimu sendiri dan temukan ciri khas mu.

Fleksible: Jadi di tahap ini selain kita harus jadi diri sendiri, kita juga harus fleksible dan jangan sampai terpaku pada rencana. Karna kadang pada saat kita ngevlog itu dilapangan tidak sesuai rencana. Intinya harus punya gaya kreatifitas yang tinggi.

Stay Classy: Yang dimaksud stay classy disini adalah harus selalu kreatif dan mengexplore hal-hal yang mungkin bisa dilakukan untuk penonton youtube kita. Seperti terlalu monoton baik dari segi teknik maupun gaya.

Post production

 Jadi setelah kita merencanakan vlog kita seperti apa, trus kita bikin vlognya trus kita produksi, hal yang paling terakhir menentukan adalah post productionnya. Disini kita itu melakukan yang namanya editing.
Berikut ulasannya:

Audio: Kita pastikan audionya itu match dengan visualnya, karna gak mungkin kan...kalau suaranya ketinggalan dengan gerak bibir yang diucapkan.

Transisi: Trus transisinya juga harus smooth jangan yang visualnya patah-patah, pastikan kita ngambilnya satu-satu yaah,,,tapi harus di transisinya dengan smooth. Makanya disini pentingnya flow cart dan story board biar kita ngambil angle-angle nya itu bisa kebayang nanti editingnya kayak gimana. Semakin terstruktur flow cart nya pasti editingnya makin gampang.

Text and emoji: kemudian harus dibubuhkan adalah text dan emoji, ini hanya untuk mempercantik video aja sih.

Share: kemudian yang terakhir adalah ketika kita sudah bikin video yang bagus dan editing bagus tapi kalau Cuma dishare di youtube doang kemudian gak ada yang nonton, gak ada gunanya juga kan? Jadi harus konfidens untuk selalu ngeshare karya kita di sosial media seperti instagram, facebook kalau perlu di watsap dan line juga tidak apa-apa biar banyak yang nonton. Karna nanti misalkan kita ngeshare di sosial media yang kita punya, pastinya banyak yang koment dan kritik yang bisa untuk membangun diri kita untuk trus berkarya. Kalau misalkan ada yang koment dan mengkritik itu tandanya ada yang merhatiin loh...yang mungkin ada pengagum rahasia yang selalu menantikan karya-karya kita...hehe
 
penerimaan hadiah oppo f1s malang citizen

Oke,,,itulah materi presentasi dari mb tini yang sangat bermanfaaat sekali bagi saya yang nantinya bisa saya terapkan dalam pembuatan vlog video.

Kemudian disela-sela acara yang bertajuk “selfie tour” itu para peserta diberi kesempatan menggunakan smartphone oppo f1s untuk aktifitas selfie dan vlog video, sekaligus diberi tantangan untuk menghasilkan karya foto dan video yang bagus dengan oppo camera phone. Dan yang bisa menghasilkan karya terbaik akan mendapatkan hadiah oppo f1s selfie expert, menyenangkan bukan?

Keunggulan Oppo F1s RAM 4GB

desain mewah dengan bahan full metal yang membuatnya terlihat elegan
                                        Streamingan menjadi lebih seru dengan dukungan akses internet 4G LTE

Layar lebar 5.5″ IPS LCD menjadikan tampilan menjadi luas dan lega

Didukung dengan Gorilla Glass 4 untuk memproteksi layarnya

Performa tanpa lemot dengan Chipset Mediatek MT6750, Octa core 1.5 gHz dengan RAM 4 GB

Penyimpanan memori internal yang luas dengan kapasitas 64 GB yang disupport Micro SD hingga 256GB

Kamera utama 13 MP lengkap Dual-LED Flash dan Phase Detection Autofocus

Mapu merekam video dengan hasil Full HD

Kamera depan sangat kece buat Selfie dengan resolusi 16MP dan fitur selfie yang sangat lengkap

Baterai sangat mumpuni dengan kapasitas 3075 mAh

Didukung dengan fitur Fingerprint Sensor sebagai keamanannya


untuk melihat spesifikasinya silahkan klik disini

Demikianlah postingan Oppo F1s Selfie Expert Bukan SekedarSebuah Jargon yang saya tulis, dan jangan lupa beli smartphone oppo f1s yah.

7 komentar:

  1. Yeeyyyy...., ada foto saya....
    :p

    ReplyDelete
  2. Makasih Angga sharingnya, Yuk kapan kita ngevlog rame2?
    MC juga keren, mborong hadiahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mb sama" ayo ngevlog bareng MC aku pengen, tapi jadi gagok deh klo di depan kamera... iya kayak om yang diatas..wkwkwk

      Delete
  3. haha.....ekspresinya gk nguati om

    ReplyDelete
  4. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif : dewa-lotto.name

    ReplyDelete