Test Footer

Home » » Cara Mudah Memulai Membuat Blog Gratis Keren Dan praktis Dalam Beberapa langkah

Cara Mudah Memulai Membuat Blog Gratis Keren Dan praktis Dalam Beberapa langkah


Cara Mudah Memulai Membuat Blog Gratis Keren Dan praktis Dalam Beberapa langkah




Blog itu apa sih? Bagaimana cara membuatnya? Dan apa kegunaannya? Bagi anda yang ingin membuat blog tapi masih bingung bagaimana caranya, jangan khawatir! Karna disini saya akan memberi tahu caranya kepada anda. Tapi sebelum kita membahas tentang cara membuat blog alangkah baiknya kalau kita flash back dulu sebentar mengenai definisi blog itu sendiri. Menurut wikipedia blog merupakan singkatan dari web log, blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum di ikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat di akses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari isi pengguna blog tersebut. Jadi dapat kita simpulkan bahwa blog adalah sebuah diary atau catatan pribadi yang disimpan secara online dalam aplikasi web dan umumnya bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin membuka dan membacanya. Tentu saja sangat di sarankan lebih kearah membagi pengetahuan yang positif dan bermanfaat bagi khalayak.
              
             Seiring perkembangan zaman yang semakin canggih dibidang teknologi sekarang ini banyak sekali cara yang dapat anda gunakan untuk menciptakan suatu kemudahan dan akses yang cepat. Internet mungkin sudah sangat sering anda pakai untuk mendapatkan segala macam informasi yang anda inginkan atau butuhkan. Namun, bagi anda yang hobi menulis mungkin bisa menggunakan alternative berikut untuk kebutuhan anda. dengan sering mengunjungi internet tentunya anda sering menemukan blog atau website.

Fungsi Kegunaan Blog Atau Website
Dengan memiliki sebuah blog, kita dapat melatih kemampuan dalam menyampaikan suatu informasi atau hal-hal yang ingin kita sampaikan kepada orang lain dengan tanpa bermaksud  untuk menggurui atau sok tahu tentang apa yang kita ketahui kepada pembaca. Dengan memiliki blog kita dapat memperoleh banyak ide yang didapat dari berbagai sumber yang memberikan komentar atas tulisan yang kita terbitkan di blog yang kita buat dan akan menjadi pacuan semangat kita dalam menggali ide atau pola pikir yang kreatif dan positif tentang apa yang dapat kita lakukan dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Sudah banyak sekali orang-orang yang meraih kesuksesan dengan memiliki sebuah blog, karena blog bersifat terbuka bagi siapa saja sehingga dapat juga dijadikan sebagai sarana untuk mengembangkan usaha bisnis mereka secara online diantara sela-sela karya tulisan yang mereka terbitkan dan disukai banyak orang yang mencari dan membacanya. Dengan blog juga kita dapat memiliki banyak teman dari berbagai daerah dan negara yang terdapat kesamaan kaitannya dengan isi blog yang kita buat. Belakangan ini, fungsi sebuah blog tidak hanya sebagai sarana membagi informasi dan kutipan yang sifatnya umum, namun lebih cenderung sebagai sarana promosi penjualan atas sebuah produk atau juga program suatu bisnis. Boleh-boleh saja, sangat disayangkan pula munculnya berbagai bermacam blog yang mengedepankan konten kurang mendidik, ataupun konten-konten dewasa yang berpotensi memperburuk pola pikir dari pada aspek mendidiknya. Kecanggihan teknologi saat ini seharusnya mampu menjembatani keterbatasan pengetahuan bermanfaat antar sesama, jadi gunakanlah secara bijak apa yang bisa anda lakukan melalui media blog.
              
                Di sini banyak sekali beragam informasi yang akan anda dapatkan dengan mudah, tidak heran jika saat ini banyak orang yang menggunakan blog atau website sendiri untuk pelengkapan informasi dan bisnis. Anda pun juga dapat demikian, maka ikutilah panduan ini secara gratis  dan nantinya juga dilengkapi dengan gambar untuk memudahkan anda dalam membuat blog. 

Untuk memulai membuat blog sendiri di Blogger anda diharuskan sudah memiliki email terlebih dahulu, jika anda belum memiliki email silahkan anda membuat email terlebih dahulu dengan cara klik link ini cara membuat email gmail. Mengapa harus membuat email? iya, karna pada saat kita akan melakukan login, maupun mulai mendaftar ke tempat pembuatan blog, yakni Blogger.com, syaratnya harus memiliki akun email gmail (bukan yang lain seperti yahoo, hotmail dan lainnya). Ini bukan hanya untuk tujuan bikin blog saja, tapi bisa juga untuk keperluan yang lainnya, seperti daftar facebook, upload video di Youtube, daftar instagram, daftar twiter dan lain sebagainya, jadi tidaklah rugi apabila kita membuatnya, lagian kita bisa memanfaatkannya sebagai alat komunikasi. Bila anda ingin punya facebook namun masih bingung cara membuatnya jangan khawatir, jangan cemas dan jangan bingung klik saja disini cara membuat facebook versi alone artikel.

Selanjutnya Silahkan Masuk ke www.blogger.com Atau Ketik Kata Blogger Di Google
Setelah anda membuka alamat websitenya di atas maka anda akan diperlihatkan gambar seperti di bawah (jadi pada saat masuk yang diketik adalah kata blogger.com, tapi setelah jadi maka bagian akhir alamatnya adalah blogspot.com) Silahkan isi datanya dengan alamat email dan kata sandi email yang telah anda buat sebelumnya, lalu klik Masuk



NB: Di baris yang pertama anda isi dengan alamat email yang sudah anda buat sebelumnya, sedangkan baris yang selanjutnya silahkan isi dengan kata sandi yang anda pakai saat login ke akun email. Pastikan jangan sampai salah ketik karena huruf besar dan kecil sangat dibedakan jika menggunakan password. Selain itu, lihat juga caps lock pada keyboard tidak diaktifkan karena bisa merubah semua huruf yang diketik jadi huruf besar.


  Setelah Itu Mulai Untuk buat blog baru

Setelah login selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman seperti yang tertera di bawah ini, ikuti petunjuknya dan silahkan klik tombol di sebelah kiri  tengah yang bertuliskan “Blog Baru” yang sudah saya beri tanda warna merah pada gambar di bawah ini:


Selanjutnya Silahkan Beri Nama dan Pilih Alamat Yang Anda inginkan

Setelah itu anda akan dialihkan ke halaman kecil yang mana di dalam halaman tersebut terdapat 4 langkah singkat pembuatan blog yaitu:


Penjelasan:
  1. Judul – Di bagian cara membuat blog gratis di blogspot ini silahkan isi dengan judul blog anda, sebaiknya isi judul blog anda yang sesuai dengan temanya agar mudah terindeks di Google. Akan tetapi hal ini bisa diganti kapan saja setelah blognya jadi.
  2. Alamat – Pada kolom ini anda harus memilih alamat blog gratisan yang belum pernah digunakan oleh orang lain, misalnya bloganda.blogspot.com dan sebagainya sesuai yang anda inginkan.  Jika sudah dibuat orang maka akan terlihat tanda seru (!) berwarna kuning di sebelah kanan seperti yang anda lihat pada gambar atau kalau belum ada yang menggunakan sama sekali maka akan tampak tanda benar atau centang berwarna biru. Jika sudah begitu lanjutkan ke step berikutnya.
  3. Template – Tampilan beberapa gambar yang terlihat disini ini adalah bentuk tampilan blog anda nantinya. Tapi tidak perlu khawatir karena ini masih bisa anda rubah dengan yang lebih bagus, menarik dan keren dengan cara mempercantik nya melalui file template yang bisa didownload di situs penyedianya yang gratis-tis.
  4. Klik ‘Buat Blog’ – Ini untuk men-save nama dan tampilan yang sudah anda pilih dan blog gratisan sederhana anda pun telah jadi dan siap untuk diisi berbagai macam artikel maupun penawaran produk bisnis di dalamnya.
Tambahan : Harap di perhatikan! Sebelum anda membuat blog, alangkah baiknya Anda membuat logo terlebih dahulu. Mengingat logo itu sangat puenting untuk kemajuan blog Anda atau bisnis Anda agar mudah di kenal oleh banyak orang,

Jika Anda belum mengetahui apa itu logo? Logo adalah suatu gambar yang memiliki filosofi, konsep, serta tujuan yang mudah di ingat oleh banyak orang. Logo juga bisa di artikan sebagai pembeda atau jati diri, jadi kesimpulannya logo itu nanti akan menjadi jati diri dari blog anda.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui apa itu logo blog, Sekarang saatnya Anda membuat logo sendiri. Jika Anda pandai dalam urusan desain mungkin membuat logo itu mudah, namun jika Anda tidak mengerti sama sekali tentang desain! Anda bisa membuat logo di situs Logaster.com. Disana selain gratis Anda juga bisa membuat favicon secara gratis hanya cukup mendaftar disana.

Kelebihan dari situs logo generator lainya. Logaster jauh lebih bagus ketimbang yang lainya. Karena di Logaster Anda bisa dengan mudah mengedit logo dengan mengubah warna, text dan tata letak. Selain itu Anda bisa mendownload logo dan favicon dengan format PNG, PDF, SVG dan JPG melalui akun Anda.

Nah... Sekarang Anda Dapat Mengisi dan Menulis Artikel

Setelah mempunyai blog maka langkah selanjutnya yang harus kita ketahui adalah bagaimana caranya menulis artikel di dalamnya dan apa saja yang harus dilakukan agar bisa mulai aktif dan dikunjungi banyak orang. Berikut prosesnya :

a.  Masuk ke halaman penulisan

  • Silahkan anda klik tombol warna oranye (no 1) sebelah kanan yang bergambar pensil tersebut untuk mulai menulis artikel.,
  • Atau klik icon tanda panah kecil yang mengarah kebawah untuk memilih beberapa pengaturan, misal ‘Pos‘ untuk melihat semua artikel yang sudah ditulis, ‘Laman‘ untuk menulis artikel menu seperti profil, kontak dan sebagainya, ‘Komentar‘ untuk melihat siapa saja yang telah memberi comment, dan ‘Statistik‘ untuk melihat semua jumlah pengunjungnya per hari, minggu atau bulan. Setelah masuk di bagian itu, anda juga masih bisa melihat tombol pos atau membuat artikel baru di bagian kiri samping yang juga tulisannya oranye. Perhatikan gambar dibawah:  
  •  

b.  Mulai posting artikel

  1. Untuk keterangan nomor 1 di sisi dengan judul artikel yang akan kamu publikasikan, usahakan jangan terlalu singkat dan kalau perlu sesuai dengan tema yang ingin anda bahas dalam artikel tersebut agar mudah terindeks oleh google.
  2. Kolom untuk mengetik  atau membuat tulisan blog anda.
  3. Untuk pengaturan dan gaya penulisan artikel, seperti mem-bold, huruf miring, masukkan gambar/foto, masukkan video, membuat engker text, atau memperbesar kata dan lainnya.
  4. Label adalah yang terletak disebelah kanan sama dengan nama dari kategori artikel anda. Ini gunanya untuk mengelompokkan jenis tulisan dalam satu kategori.
  5. Tombol kuning logo warna orange dengan tulisan ‘Publikasikan’ adalah yang akan di klik setelah selesai menulis agar artikel tersebut bisa online dan dibaca semua orang. Perhatikan gambar berikut:  
  6.      
NB: Agar tulisan anda dalam blog terlihat rapi maka usahakan jarak antar paragraf juga diperhatikan, yakni dengan menambah 1 spasi lagi setelahnya. Caranya cukup tekan enter 2 kali setiap akan memulai paragraf yang baru.
Tips Menulis
Menulis untuk buku dengan web sangat jauh bedanya, terlebih karena artikel blog tujuannya bukan hanya dibaca oleh manusia tapi juga mesin pencari yang punya standarnya masing-masing untuk menentukan mana yang terbaik dan layak ditempatkan pada halaman pertama.

 Manfaat Dari Sebuah Blog!!


Setiap orang pasti memiliki tujuan tersendiri mengapa mereka memulai membuat blog, sama halnya dengan saya dan Anda, kita mempunyai tujuan yang berbeda dengan blog yang sudah kita buat/bangun. Tapi ada kalanya tujuan tersebut tidak bisa kita capai mungkin itu belum menjadi takdir kita, tapi kita tidak boleh putus asa, dan pesimis, walaupun gagal tentunya kita juga masih mendapatkan manfaat dari blog tersebut tak terkecuali penglaman, Anda tahu kan kekuatan pengalaman itu seperti apa? Dan berikut manfaat memiliki sebuah blog;

1)Menjadi orang yang lebih baik. Blogging membantu Anda berpikir luas dan lebih jelas, berkomunikasi dengan intensionalitas dan membangun bakat ke kreatifan Anda.

2)Meningkatkan tulisan Anda. Kemampuan MENULIS dilengkapi dengan latihan yang terus-menerus, sabar, teratur dan membuat blog akan membantu Anda untuk menulis secara cepat.

3)Membuat karya/suara Anda didengar. Dari pada Anda melakukan demo, dan mengkudeta terhadap perusahaan, dengan membuat blog Anda bisa menyuarakan segala anspirasi Anda biar orang banyak mendengarkan Anda!

4)Membuat perbedaan. Mungkin Anda bebeda dengan orang kebanyakan, orang lebih suka hura hura, foya-foya, tapi Anda membuat blog untuk mengembangkan kreatifitas, dan karya tulis anda, itu bagus sekali, dan perlu untuk di apresiasi.

5)Mengasah kemampuan menulis. Jadi dengan membuat blog itu bisa mengembangkan dan mempertajam kepenulisan anda, karna tidak banyak zaman sekarang orang yang suka menulis, terutama dikalangan para pemuda.

Itu baru sebagian beberapa manfaat dari membuat blog, masih banyak lagi. Tidak heran jika perkembangan blogger di indonesia maupun dunia kini semakin pesat, karena manfaat tersebut.

Keuntungan pertama membuat blog#1. Mengikuti keinginan hati

anda ingin ngeblog atas keinginan anda sendiri kan? Jadi ikutilah keinginan anda sendiri, mengikuti keinginan sendiri dapat menenteramkan jiwa dan juga membua hati kita agar tidak gampang marah. Coba saja jika seandainya kalian ingin ngeblog tetapi tiba-tiba ada orang yang melarang, apalagi melarang nya sampi mati matian, pasti anda akan marah, karena keinginan anda yang tidak terkabulkan dan merasa terganggu atau tidak nyaman dengan larangan tersebut. Sekaligus merasa di rintangi.

Keuntungan kedua membuat blog#2. Bisa digunakan sebagai usaha sampingan

Siapa bilang blog hannya bisa di gunakan untuk sekedar menulis saja, sudah saya bilang kan kalau manfaat membuat blog itu banyak sekali. Ya diantaranya adalah bisa digunakan untuk melakukan usaha, dengan membuak toko online. dalam hal usaha, blog mampu menciptakan peluang besar, misalnya saja jika anda mengikuti lomba SEO, dalam lomba SEO jika anda menang maka anda akan mendapatkan hadiah, mulai dari hadiah yang kecil sampai hadiah yang besar.

Keuntungan ketiga membuat blog#3. Menambah wawasan

Saat anda melakukan blogging anda akan mendapatkan wawasan yang begitu banyak, mengingat jika anda pertama kali masuk di dunia blogging anda di haruskan belajar SEO yang begitu banyak dan rumit. Wawasan yang didapat, tentu berbeda dengan wawasan pelajaran saat sekolah, melainkan wawasan yang akan anda dapat didisini adalah wawasan  mengenai dunia internet, dan masalah searth engine seperti  google, yahoo, dan bing. Tidak hanya itu, setelah anda membuat blog anda di haruskan berlatih untuk promosi. Tapi promosi yang dimaksud disini adalah promosi blog.
.



DEMIKIAN ARTIKEL TENTANG Cara Mudah Memulai Membuat Blog Gratis Keren Dan praktis Dalam Beberapa langkah YANG BISA SAYA TULIS HARI INI SEMOGA BERMANFAAT BAGI PEMBACA.


2 komentar: