Test Footer

Home » » 2 Hemispheres Of The Human Brain (2 Belahan Otak Manusia)

2 Hemispheres Of The Human Brain (2 Belahan Otak Manusia)

2 Hemispheres Of The Human Brain (2 Belahan Otak Manusia)


Apa kabar sobat aloneartikel? Saya harap anda baik-baik saja!! Oke sobat pada pertemuan kita kali ini saya akan memposting sebuah artikel. Sebelumnya saya membahas Ketika Stress, Who Is The Winner? Logika AtaukahPerasaan? Postingan itu mengenai kebiasaan kita sehari-hari ketika mendapat masalah. Dan didalam menyelesaikannya itu lebih dominan menggunakan logika atau perasaan. Atau bahkan kita selalu menggunakan keduanya? HaL itu hanya anda yang tahu karna anda yang pernah mengalaminya. Akan tetapi artikel ini masih ada hubungannya dengan logika dan feeling. Langsung saja pada pembahasan kita,,Go........

Artikel ini akan membahas mengenai salah satu organ yang ada pada tubuh manusia. Apakah itu? Yang dimaksud disini adalah otak. Perlu kita ketahui bahwasannya setiap manusia pasti diberikan sebuah otak oleh sang maha kuasa sebagai alat untuk berfikir, bersosialisasi dan meningkatkan intelegensi pada setiap diri manusia. Sesuatu yang terletak di atas batang otak merupakan bagian terbesar dari otak manusia, yang biasanya disebut dengan otak besar atau serebum. Bagian ini bertanggung jawab atas semua kegiatan intelektual, seperti kemampuan berpikir, menalarkan, mengingat, membayangkan, serta merencanakan masa depan. Otak besar dibagi menjadi belahan (hemisfer) kiri dan belahan kanan. Masing-masing sisi mempunyai fungsi yang berbeda.

Otak kiri 
berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, analisis, serta merupakan pusat matematika. Bagian otak ini merupakan pengendali intelligence quotient (IQ). Daya ingat otak bagian ini juga bersifat jangka pendek.Yang intinya otak kiri ini berfungsi  terhadap sesuatu yang berhubungan dengan psikis manusia.
 Otak kanan 
berfungsi dalam perkembangan emotional quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, mendengar, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, dan melukis. Jadi intinya otak kanan ini berfungsi terhadap sesuatu yang berkaitan dengan fisik manusia.

Belahan otak mana yang lebih baik, kanan atau kiri? Tidak mudah untuk dijawab sebab masing-masing sisi mempunyai fungsi yang berbeda. Akan tetapi, menurut para ahli, sebagian besar orang di dunia hidup dengan lebih mengandalkan otak kirinya. Karna tuntutan dari sekolahnya atau kuliahnya, sehingga otak kiri lebih sering terasah atau digunakan ketimbang otak kanan. Sehingga otak kiri menjadi lebih terlatih.

Para pengguna otak kiri pada umumnya lebih kuat dalam matematika. Mereka juga cenderung memiliki telinga kanan lebih tajam, kaki dan tangan kanannya juga lebih tajam daripada tangan dan kaki kirinya. Demikian juga sebaliknya dengan pengguna otak kanan.

Bagaimana mengetahui seseorang menggunakan sisi otak bagian mana yang lebih dominan juga bisa diintip dari penampilan mejanya. Bila seseorang dominan menggunakan otak kanan, ciri meja kerjanya cenderung berantakan. Meski begitu dia mengetahui dengan pasti di mana letak barang-barang yang dicari serta apa yang saat itu sedang dikerjakan. Sebab, mereka yang lebih banyak menggunakan otak kanan, proses berpikirnya, paralel sedangkan pengguna otak kiri cara berpikirnya serial.

 

VERSI INGGRIS GAES,.
 
                                           Brain’ s Hemispheres
In this edition, english corner tries to share some knowledge on how our brains work to help you to get to know on one of the crucial organ we have to set our life patterns. This is it, “Logic vs Feeling” serves you. Enjoy the findings.

Scientists have found that the human’s brain is divided into 2 hemispheres, which are nearly identical in appearance, mirroring each other as two sides of the body as well.

The scientists also said that those two halves seemed to have different function. The left brain is supposed to be logical, rational, and analytical, whereas the right one is tent to be more creative and emotional. The hemispheres, however, are not getting used to simply separate our brains into two neat divisions. In fact, both sides participate in almost all our both physical and mental activity.

Those two hemipheres work as partners in using language and constructing communication. It occurs when the left hemisphere  tends to be more dominant in understanding syntax and grammar, as we know those are related to pattern, system, regulation, and everything  related to something well-organized. In contrary, when something comes to a matter of interprenting emotions in holding communication, the right hemisphere excels. It is helpful for a person who is dominant in right hemisphere to develop the idea in their mind easily. They will be more active in arranging the idea as well as interpreting tone of voice and facial expression.

To do reasoning, somebody have to be able to make a good coordination for both left and right hemispheres in balance. The left seems to dominate in the kind of reasoning that takes symbol, numbers, abstract differences, and merely close to algebra and geometry. White the right side integrate information and draw conclusion to make a generalization to see the similarities of many things.

Many people assume that music is mediated solely in the right brain. Yes, it does not and said so because, in reality, that the right recognizes chord and melodies are true.

On the other hand, the left is also involved in music such as recognizing the beat on the rhythmical music to construct melody in harmony. Fast music, such as bluegrass, requires judgment about sequencing and rhytm as the project of left hemisphere to deal with. In summary, the corpus callosum and other bridges between the two hemispheres integrate the function of the two halves which are communicating continuously to make sense of our life. Finally, our job is to balance both hemispheres to avoid stress or other problems.

VERSI INDONESIA GAES,. 


                                                    Belahan Otak
Dalam edisi ini , sudut Inggris mencoba untuk berbagi pengetahuan tentang bagaimana otak kita bekerja untuk membantu Anda untuk mengenal pada salah satu organ penting kita harus mengatur pola hidup kita . Ini dia , " Logika vs Feeling" melayani Anda . Nikmati temuan.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa otak manusia terbagi menjadi 2 belahan , yang hampir identik dalam penampilan , mirroring sama lain sebagai dua sisi dari tubuh juga.

Para ilmuwan juga mengatakan bahwa kedua bagian tampaknya memiliki fungsi yang berbeda . Otak kiri seharusnya logis , rasional , dan analitis , sedangkan yang benar adalah tenda untuk lebih kreatif dan emosional . Belahan , bagaimanapun, tidak membiasakan diri hanya memisahkan otak kita menjadi dua divisi yang rapi . Bahkan , kedua belah pihak berpartisipasi dalam hampir semua kegiatan baik fisik dan mental kita. 



Kedua hemispheres bekerja sebagai mitra dalam menggunakan bahasa dan membangun komunikasi. Hal ini terjadi ketika otak kiri cenderung lebih dominan dalam sintaks pemahaman dan tata bahasa, seperti yang kita tahu mereka berhubungan dengan pola, sistem, regulasi, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan sesuatu yang terorganisir dengan baik. Sebaliknya, ketika sesuatu datang ke soal interprenting emosi dalam memegang komunikasi, belahan kanan unggul. Hal ini berguna untuk orang yang dominan dalam belahan kanan untuk mengembangkan ide dalam pikiran mereka dengan mudah. Mereka akan lebih aktif dalam mengatur gagasan serta menafsirkan nada suara dan ekspresi wajah.

Untuk melakukan penalaran, seseorang harus mampu untuk membuat koordinasi yang baik untuk kedua belahan otak kiri dan kanan seimbang. Kiri tampaknya mendominasi dalam jenis penalaran yang mengambil simbol, angka, perbedaan abstrak, dan hanya dekat dengan aljabar dan geometri. Putih sisi kanan mengintegrasikan informasi dan menarik kesimpulan untuk membuat generalisasi untuk melihat kesamaan dari banyak hal.

Banyak orang beranggapan bahwa musik dimediasi semata-mata di otak kanan. Ya, itu tidak berkata demikian karena, dalam kenyataannya,, bahwa hak mengakui chord dan melodi yang benar.

Di sisi lain, kiri juga terlibat dalam musik seperti mengenali irama dari musik berirama untuk membangun melodi harmonis. Musik cepat, seperti bluegrass, membutuhkan penilaian tentang sequencing dan rhytm sebagai proyek otak kiri untuk menangani. Singkatnya, corpus callosum dan jembatan lainnya antara dua belahan mengintegrasikan fungsi dari dua bagian yang berkomunikasi terus menerus untuk memahami hidup kita. Akhirnya, tugas kita adalah untuk menyeimbangkan kedua belahan otak untuk menghindari stres atau masalah lainnya.

Jadi Untuk mengoptimalkan dan menyeimbangkan kinerja dua belahan otak, Anda bisa menggunakan teknologi Brainwave Entrainment atau yang dikenal dengan Terapi Gelombang Otak. Metode ini sangat mudah diikuti karena Anda hanya perlu mendengarkan semacam musik instrumental yang dirancang khusus untuk menyelaraskan dan mengaktifkan kedua belahan otak Anda. Tapi bukan berarti kedua belahan otak anda selama ini belum aktif ya, ketika seorang manusia itu masih hidup berarti kedua belahan otak manusia sudah aktif. Hanya saja mungkin belum selaras, lah untuk menyelaraskan dua belahan otak salah satunya anda disarankan untuk melakukan terapi gelombang otak agar kinerja dua belahan otak anda bisa optimal.

Lalu setelah anda melakukan terapi gelombang otak dipersilahkan untuk segera periksa gelombang otak yang tujuannya untuk mengetahui perubahan yang ada pada kedua belahan otak anda. Tentang peningkatan kinerja dua belahan otak anda.



Demikian postingan tentang 2 Hemispheres Of The Human Brain (2 Belahan Otak Manusia) yang bisa aloneartikel tulis, semoga artikel diatas dapat membantu anda mengatasi segala macam permasalahan yang anda alami mengenai otak dan pikiran selama ini yang mungkin kinerjanya tidak seimbang. Memang sih semua manusia tidak sempurna, yang segala sesuatunya itu memiliki keterbatasan tapi paling tidak kita berusaha menjadi manusia yang sempurna, sehingga hidup kita bisa bermanfaat, entah bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga dan umumnya bisa bermanfaat untuk sesama atau orang banyak. Terima kasih banyak anda sudah berkunjung ke blog kami semoga apa yang aloneartikel tulis bisa bermanfaat semuanya untuk anda, jangan lupa like, koment & share artikel ini kepada semua orang, karena itu merupakan apresiasi anda untuk kami agar kami trus memposting hal-hal yang bermanfaat, tentunya semua itu untuk anda. Salam senyum.

0 komentar:

Post a Comment