Test Footer

Home » » Informasi Kredit Kendaraan Roda 2 Dan Roda 4

Informasi Kredit Kendaraan Roda 2 Dan Roda 4

Informasi Kredit Kendaraan Roda 2 Dan Roda 4

Informasi Kredit Kendaraan Roda 2 Dan Roda 4- Assalamualaikum. Berjumpa lagi dengan saya aloneartikel. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan berbagi pengalaman kepada sobat, informasi ini sangat penting bagi sobat yang ingin membeli sebuah kendaraan atau sedang mengkredit kendaraan, entah kendaraan roda 2 ataupun roda 4. Dan didalam membuat kesepakatan dari pihak penjual, dealer atau finance. Dan cara mengatasi masalah dengan mereka yang super ruwet. Oke langsung saja pada pokok pembahasan atau permasalahan. Go.....
Info penting untuk kita yang akan kredit kendaraan dan sedang kredit kendaraan.
Ini pengalaman pertama saya berurusan dengan finance bener-bener sebuah pelajaran yang sangat berharga bagi saya. Tadinya saya gak tahu seputar finance dan juga undang-undang. Kasus ini terjadi di bulan desember 2015. Saya datang ke kantor finance memberikan surat pemberitahuan bahwa saya tidak bisa mencicil lagi dikarenakan takut dosa riba saya minta waktu penyelesaian sampai aset saya terjual.

Selang 10 hari pertama kali saya disamperin finance karna nunggak cicilan 1 bulan dan sistem potongan lewat rekening pun dengan sendirinya terblokir makanya petugas datang kerumah. Saya dikasih waktu Cuma 5 hari saya iyain saja padahal emang dah manteb untuk stop cicilan. Bulan berikutnya mereka datang lagi selayaknya tamu saya jamu mereka tapi saya tidak memberikan uang sepeserpun.

Bulan berikutnya datang pihak ketiga (depcolektor) intinya sama nagih cicilan dan mau narik mobil sempet panik juga karna saya belum tahu tentang UU saya coba cari tahu dari teman-teman yang tahu hukum. Sejak saat itu teror telpon sering menyapa saya ya allah..... bikin saya takut dan panik. Pernah terlintas dalam pikiran saya mobil saya kasihkan saja urusan beres tapi saya pikir lagi trus uang muka dan cicilan setahun gimana?

 Enak di mereka dong udah berapa banyak korban diluar sana? 


Saya gak boleh Cuma ikutin aturan main mereka 
bagaimanapun saya harus berani melawan mereka toh posisinya fifty-fifty jadi mobil itu bukan mutlak punya finance karna uang saya udah masuk kesana lebih dari 50% jadi saya juga punya hak atas mobil itu. Kudu kasih pelajaran ni finance.

Akhirnya saya cari info sebanyak-banyaknya tentang dunia finance juga hukum-hukumnya. Gila.... pernah 3 jam mereka mendebat saya soal jaminan fidusia sampai saya minta waktu jeda untuk sholat asar dan habis sholat masih lanjut debat lagi jiiiaahhh.....Sampai berbusa ni mulut saya.

Mereka mau ambil mobil saya yang parkir cantik di garasi depan sengaja tidak saya umpetin. Saya menanyakan fidusia asli mereka menyanggupi bahwa fidusia asli tapi sampai sekarang mereka gak ada kabar dan kasus ini udah bergulir 7 bulan tuntutan saya untuk dikembalikan uang mukanya dan mobil akan saya serahkan.
Gak tahu ada apa dengan mereka sampai detik ini gak berani menyapa lagi.
 
Untuk teman-teman jangan takut hadapi finance ya UU bisa dipelajari kok kalau gak tahu bisa nanya sama yang tahu. Selama kita benar jangan takut. Mari perangi riba!!

Wajib tahu bagi anda yang kredit kendaraan bermotor roda 2 maupun roda 4, wajib mengetahui apakah arti fiducia?

Apakah anda sedang dalam masa kredit kendaraan bermotor?  Apakah anda sedang sedang dalam masa sulit sehingga belum mampu membayar angsuran? Atau gagal bayar kredit?

Jika demikian, perlu kita ketahui bersama beberapa fakta berikut ini:

Bank indonesia dalam surat edaran BI no.15/40/DKMP tanggal 23 swptember 2013 mengatur bahwa syarat uang muka/DP kendaraan bermotor melalui bank minimal adalah 25% untuk roda 2 dan 30% untuk kendaraan roda 3 atau lebih untuk tujuan non produktif, serta 20% untuk roda 3 atau lebih untuk keperluan produktif kementerian keuangan telah mengeluarkan peraturan yang melarang leasing atau perusahaan pembiayaan untuk menarik secara paksa kendaraan dari nasabah yang menunggak kredit kendaraan.

Hal itu tertuang dalam peraturan menteri keuangan (PMK) no.130/PMK.010/2012 tentang pendaftaran fidusia bagi perusahaan pembiyaan yang dikeluarkan tanggal 7 oktober 2012.

Nah, ini yang penting, yaitu tentang fidusia.....



Menurut undang-undang no 42 tahun 1999, fidusia adalah suatu proses mengalihkan hak milik atas suatu benda dengan dasar kepercayaan, tapi benda tersebut masih dalam penguasaan pihak yang mengalihkan, fidusa umumnya dimasukkan dalam perjanjian kredit kendaraan bermotor kita sebagai debitur membayar biaya jaminan fidusia tersebut, jadi “sebenarnya, setiap pihak leasing wajib mendaftarkan setiap transaksi kredit didepan notaris atas perjanjian fidusia ini tapi apa yang terjadi? Kita hampir tidak pernah mendengar kata “fidusia” ini, dan konsumen sangat asing sekali dengan kata ini, jadi alur yang sebenarnya ialah nasabah+notaris membuat perjanjian fidusia sebagaimana pengertian diatas sebelum kendaraan ditangan konsumen.
 
Apa maksudnya? Jadi perjanjian fidusia ini melindungi aset konsumen, leasing tidak bisa serta merta menarik kendaraan yang gagal bayar karna dengan perjanjian fidusa, alur yang seharusnya terjadi adalah pihak leasing melaporkan ke pengadilan! Artinya, kasus anda akan di sidangkan & pengadilan akan mengeluarkan surat keputusan untuk menyita kendaraan anda.

Dengan demikian, kendaraan anda akan di lelang oleh pengadilan & uang hasil penjualan kendaraan melalui lelang tersebut akan digunakan untuk membayar utang kredit anda ke perusahaan leasing, lalu uang sisanya akan diberikan kepada anda.

Nah, kenapa pihak leasing tidak membuat perjanjian fidusia? Padahal itu kewajiban mereka...

Ini akan merugikan pihak leasing!!!
Jika leasing tidak segera menarik kendaraan konsumen (hal ini dilarang secara hukum) maka akan semakin banyak tunggakan, sedangkan kendaraan itu sendiri bisa langsung di lelang oleh leasing itu sendiri tanpa peduli berapa uang yang sudah dikeluarkan nasabah untuk mencicil...

Jadi pihak leasing bisa untung doubel, ya dari kendaraan seken yang dijual plus pembayaran cicilan konsumen, kejam? Ya tentu saja kejam, tapi itulah yang terjadi...

Adanya artikel ini bukan berarti nasabah bebas tidak bayar cicilan, akan tetapi tetap diselesaikan secara hukum di pengadilan negeri setempat.

Jadi jika kendaraan anda akan ditarik leasing, mintalah surat perjanjian fidusia (saya yakin mereka tidak punya) dan sebelum ada surat fidusia tersebut jangan bolehkan penagih membawa kendaraan anda!
Karena jika mereka membawa sepucuk surat fidusia (yang ternyata adalah palsu) silahkan anda bawa ke hukum, pihak leasing akan di denda minimal rp 1,5 milyar.

Jika ada pemaksaan pengambilan kendaraan? Mari kita lihat cuplikan dari pihak kepolisian berikut ini:

Tindakan leasing melalui debt collector/mata elang yang mengambil secara paksa kendaraan dirumah, merupakan tindak pidana pencurian.
Jika pengambilan dilakukan dijalan, merupakan tindak pidana perampasan.
So, bagaimana menghadapi debt collector/tukang tagihnya?

Jika para penagih utang berusaha merampas barang cicilan anda, tolak dan pertahankan barang tetap di tangan, anda katakan kepada mereka, tindakan merampas yang mereka lakukan adalah tindakan kejahatan!!
Mereka bisa dijerat pasal 368, pasal 365 KUHP ayat 2, 3 & 4 junto pasal 3.

 

Demikianlah sedikit pengalaman tentang  Informasi Kredit Kendaraan Roda 2 Dan Roda 4 yang saya alami semoga peristiwa ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk lebih hati-hati lagi. Bagi anda yang ingin membeli kendaraan supaya hati-hati agar tidak terjerumus seperti saya, ingat kata bang napi kejahatan bukan karna niat tetapi karna ada kesempatan, untuk itu waspadalah,,waspadalah,,waspadalah.

Jangan lupa like, share & koment artikel ini kepada teman-teman anda yang ada di sosial media agar mereka juga berhati-hati ketika akan membeli atau sedang kredit kendaraan. Sukses selalu buat anda, salam dua jari dan senyum.

1 komentar:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    ReplyDelete